Solusi Jika Anak Tidak Mau Minum Susu

Susu termasuk minuman penting yang bisa memenuhi nutrisi anak dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi karena menjadi sumber kalsium. Dari mulai lahir, anak sudah diberi susu ekslusif atau ASI dan lanjut beranjak dewasa anak akan diberi susu formula. Tapi apa jadinya jika anak tidak menyukai susu? Pastinya Moms khawatir akan hal itu, berikut uraian dan solusi untuk Anda yang memiliki anak sulit untuk minum susu.

 

Jangan paksakan anak untuk minum susu

Susu sudah menjadi minuman wajib yang Anda dan keluarga terapkan sedari anak masih kecil. Hal ini berguna untuk membantu pertumbuhan anak hiingga dewasa, susu juga kaya akan ragam nutrisi yang baik sehingga wajar jika Anda dan keluarga mewajibkan susu masuk dalam daftar minuman sehat yang harus selalu dikonsumsi setiap harinya.

 

Tapi ada satu hal yang harus Moms catat, jika anak tidak meminum susu bukan berarti akan menghambat pertumbuhan anak dan anak akan mengalami gizi buruk karena kebutuhan nutrisi dan gizi yang seharusnya dipenuhi dari susu tidak didapatkan oleh anak. Sebenarnya tidak ada makanan ataupun minuman yang mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk susu. Walaupun susu ini termasuk minuman dengan tinggi kalsium, cukup akan karbohidrat, zat besi dan vitamin C tapi anak juga bisa mendapatkan semuanya itu dari makanan yang lain.

 

Jika anak tidak menyukai susu maka Anda hanya harus mencari bahan makanan lain yang memiliki zat gizi yang mirip dengan susu, yakni minuman atau makanan yang sama-sama mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, zink, vitamin D, dan vitamin K.

 

Ganti dengan makanan yang mengandung nutrisi sama

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa susu bukan satu-satunya sumber makanan untuk memenuhi nutrisi anak. Tidak ada makanan yang memiliki kandungan sempurna, oleh sebab itu Anda bisa mengganti susu dengan makanan yang mengandung zat gizi sama, diantaranya adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran yang masuk dalam kategori sayuran berdaun hijau ini adalah bayam, kale serta brokoli. Ada juga sumber protein yang bisa Anda dapatkan dari protein hewani layaknya telur, ikan sarden dan ikan teri. Begitupun dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond atau edamame.

 

Untuk vitamin D dan vitamin K yang berfungsi untuk menguatkan tulang, Anda bisa menggantinya dengan beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden. Anda juga bisa mendapatkan kedua vitamin tersebut dengan memberikan anak makanan yang diolah dari hati sapi dan kuning telur.

 

Dari semua makanan tadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi dan nutrisi lainnya, di dalam makanan tersebut pun terdapat zink yang baik untuk tubuh. Pada akhirnya Anda tidak perlu khawatir karena si kecil tidak mau meminum susu, Anda tinggal ganti dengan makanan yang lain dan variasikan menu makanannya sehingga anak tertarik untuk mengonsumsinya.

 

Berikan produk olahan dari susu

Selain dari menu makanan tadi dan susu tentunya, Anda juga bisa menggantinya dengan produk susu olahan atau mengreasikan resep dan mencampurkannya dengan susu. Di sini Moms dituntut lebih kreatif untuk menarik anak agar nafsu makan atau meminum susu. Makanan modifikasi ini sama saja mengandung nutrisi yang tinggi dan zat gizi yang baik untuk anak, disamping itu rasanya juga lezat.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *