Penuhi Kebutuhan 10 Nutrisi yang Penting untuk Anak

Moms, anak yang nafsu makannya tinggi dan selalu menghabiskan makanannya serta makan teratur sebanyak 3 kali sehari bukan menjadi patokan utama apakah kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi atau tidak. Untuk itu Anda perlu terus memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh anak termasuk pada nutrisi yang harus anak dapatkan agar tumbuh kembangnya sempurna. Dimulai dari mengetahui 10 nutrisi yang penting bagi tubuh anak, seperti di bawah ini Moms!

 

  1. Vitamin A

Vitamin A ini baik untuk kesehatan mata anak dan tulang anak juga. Vitamin ini juga membantu untuk melindungi dari infeksi yang bisa terjadi dalam tubuh dan memperbaiki sel-sel serta jaringan tubuh yang rusak. Vitamin A banyak terdapat dalam daging sapi, hati ayam, susu dan buah-buahan berwarna.

 

  1. Vitamin C

Vitamin C ini mudah didapat dari buah dan sayuran Moms, seperti pepaya, nanas, melon dan buah berwarna cerah lainnya. Vitamin C ini berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki sel darah merah, serta menjaga gusi anak, bagus juga untuk kekebalan tubuh anak sehingga tidak jatuh sakit.

 

  1. Vitamin D

Seperti kalsium, vitamin D berfungsi untuk otot dan tulang anak. Pembentukan gigi pun ditentukan oleh vitamin D ini. Viamin D bisa didapat anak dengan berjemur setipa paginya agar tekena sinar matahari yang masih baik, bisa juga dengan mengonsumsi telur, tahu, tempe dan daging ikan.

 

  1. Vitamin E

Vitamin E dibutuhkan untuk kekebalan tubuh, perbaikan DNA, proses metabolisme tubuh dan lainnya. Vitamin E juga bisa menangkal radiasi bebas yang berisiko merusak sel dalam tubuh. Untuk memenuhinya anak harus mengonsumsi sayuran seperti bayam dan buah alpukat, bisa juga mengonsumsi biji-bijian.

 

  1. Kalsium

Kalsium menjadi nutrisi yang penting untuk didapatkan anak, terlebih ketika masa tumbuh kembangnya. Kalsium ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi agar kuat, menjaga fungsi otot dan saraf, membantu proses pembekuan darah serta mengubah makanan menjadi energi. Kalsium ini bisa didapatkan dari susu, ikan dan keju.

 

  1. Zink (seng)

70 persen enzim dalam tubuh memerlukan zink untuk membantu pencernaan dan metabolisme serta pertumbuhan anak, bisa didapakatn dari brokoli, bayam dan tomat.

  1. Zat besi

Jika anak mengalami anemia berarti ia juga kekurangan zat besi, karena zat ini berfungsi untuk memproduksi hemoglobin. Makanan yang baik untuk menangani kekurangan zat besi adalah daging, kuning telur dan ikan.

 

  1. Kalium

Agar fungsi otot dan irama jantung Anda sehat serta untuk menghindari anak dari risiko batu ginjal dan osteoporosis sebaiknya penuhi kebutuhan kalium anak Moms. Kalium ini bertugas untuk menjaga tekanan darah dengna mengontrol keadaan air agar seimbang dalam tubuh, dan makanan yang baik adalah pisang, tomat, susu.

 

  1. Magnesium

Untuk menjaga kesehatan tulang, jantung dan kekebalan tubuh serta otot dan fungsi saraf, anak memerlukan magnesium sebagai mineral dalam tubuhnya. Magnesium ini bisa didapat anak melalui asupan buah yang anda berikan secara rutin, selain itu tahu, ikan dan sayuran juga menajdi makanan untuk memenuhi magnesium pada anak.

 

  1. Asam lemak esensial

Telur, ikan tuna dan kacang-kacangan menjadi makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi asam lemak esensial ini. Perlu diketahui bahwa asam lemak esensial ini baik untuk anak karena membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubbuh dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *