Moms, Yuk Intip Perkembangan Janin 33 Minggu

Pada usia kehamilan 33 minggu maka sudah seharusnya kita juga mengenal atau mengetahui perkembangan janin 33 minggu. Di usia 33 minggu ini, kondisi tulang bayi Anda mengeras, dan Anda mungkin mengalami beberapa gejala kehamilan yang kurang glamor. Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang bayi dan tubuh Anda saat hamil 33 minggu.

 

Seberapa besar bayi saya saat hamil 33 minggu?

Sesuai dengan semua analogi buah dan sayuran yang Anda nikmati selama beberapa bulan terakhir, bayi Anda sekarang seukuran kepala selada. Minggu ini, panjangnya antara 16 dan 17 inci dan bisa tumbuh satu inci penuh lagi minggu ini. Beratnya lebih dari empat pon dan akan terus bertambah sekitar setengah pon seminggu sampai kelahiran. Bayi sekarang mengambil lebih banyak ruang daripada cairan ketuban di dalam rahim Anda, itulah sebabnya beberapa tusukan atau tendangan mungkin terasa lebih tajam dari biasanya.

 

Apa yang dilakukan bayi saya pada 33 minggu?

Tulang bayi Anda mengeras minggu ini, terlepas dari yang ada di tengkoraknya. Mereka belum menyatu bersama sehingga mereka dapat bergerak dan tumpang tindih, yang membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk memeras melalui jalan lahir (dan menjelaskan mengapa beberapa bayi dilahirkan dengan kepala yang sedikit runcing)! Diperlukan sampai dewasa awal bagi tulang-tulang ini untuk melebur seluruhnya, sehingga mereka dapat tumbuh ketika otak dan jaringan lain tumbuh selama masa kanak-kanak.

Janin Anda memiliki semua karakteristik bayi kehidupan nyata sekarang, dengan mata mereka bahkan tertutup ketika mereka tertidur dan terbuka ketika mereka bangun. Dinding rahim Anda juga menipis, yang berarti lebih banyak cahaya menembus ke bayi Anda: mereka bahkan bisa tahu antara siang dan malam sekarang.

Bayi Anda juga sekarang memiliki sistem kekebalan mereka sendiri sekarang: Anda memberikan antibodi kepada mereka karena terus berkembang, membantu mereka melawan kuman begitu dia lahir.

 

Apa yang dilakukan tubuh pada kehamilan 33 minggu?

Jika Anda menderita varises vulva coba letakkan bantal kecil di bawah pantat Anda ketika berbaring, atau naikkan bagian bawah tempat tidur Anda. Hindari mengejan saat Anda melakukan nomor dua – dan jika masih sakit, letakkan kertas toilet yang dilipat atau pembalut di tangan Anda dan pegang dengan lembut terhadap vulva saat perut Anda bergerak. Syukurlah, urat-urat yang nyeri ini akan hilang sekitar sebulan setelah kelahiran.

Apa yang harus dilakukan minggu ini:

Ini mungkin tidak semenarik akhir pekan cewek di spa, tetapi pijatan harian sederhana di area antara vagina dan anus (AKA perineum) benar-benar dapat membantu mencegah robek, melindungi Anda dari membutuhkan episiotomi dan mempromosikan penyembuhan yang lebih cepat dari area setelah kelahiran. Pastikan tangan Anda bersih dan jangan lakukan ini jika Anda memiliki sesuatu seperti sariawan atau herpes. Inilah panduan cara untuk melakukan hal ini dengan aman dan efektif.

  • Duduklah dalam posisi setengah bersandar dengan lutut ditekuk dan kaki terpisah. Lumasi jari, ibu jari, dan area perineum Anda dengan minyak vitamin E (dari kapsul vitamin E yang tertusuk), minyak sayur murni, atau pelumas pribadi.
  • Tempatkan satu atau kedua ibu jari (sekitar setengah panjangnya) di dalam vagina Anda. Tekan ke bawah ke arah dubur dan ke samping pada saat yang bersamaan. Perlahan dan kuat terus melakukan peregangan sampai Anda merasa sedikit terbakar atau kesemutan. Tahan regangan ini selama sekitar dua menit.
  • Perlahan dan perlahan pijat bagian bawah vagina bolak-balik dalam bentuk U, dan berikan tekanan ke bawah dan ke samping.
  • Terakhir, pijat jaringan di antara ibu jari dan telunjuk bolak-balik selama sekitar satu menit.
  • Bersikaplah lembut – Anda tidak ingin memar atau melukai diri sendiri (area ini pasti lembut!). Selama pijatan, hindari tekanan pada uretra (lubang kencing) karena ini dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *