Minuman Sehat Selain Air Putih dan Susu untuk Anak

 

Tidak hanya makanan saja yang bisa menyehatkan anak Moms, tapi minuman pun bisa ikut menyehatkan anak, seperti air putih dan susu yang sering dikonsumsi oleh anak. Apa yang diminum oleh anak ini akan memengaruhi besar kalori yang mereka konsumsi dan kada kalsium yang bisa diterima tubuh. Seperti susu yang sering Anda berikan pada anak ketika memasuki usia 1 – 2 tahun. Lebih baik jika Anda memberikannya susu murni, jika anak sudah beranjak 2 tahun ke tas baru bisa berikan susu bebas lemak pada anak. Tak lupa juga untuk memberikan air putih yang baik untuk memenuhi mineral tubuhnya sehingga anak tidak mudah terserang dehidrasi.

 

Minuman vitamin dan Smoothies serta teh herbal

Selain susu dan air putih Anda juga bisa memberikan minuman lain sebagai selingan. Contohnya saja minuman bervitamin dan pilihlah minuman yang bebas gula. Bisa juga diberikan air kelapa, karena air kelapa ini rendah gula dan tinggi potassium, antioksidan dan elektrolit yang baik untuk tubuh. Pilih air kelapa murni yang langsung dari buahnya karena lebih sehat untuk anak.

 

Anda juga bisa memberikan smoothies yang menyegarkan dan enak di lidah sebagai minuman selingan anak. Anda bisa menambahkan smoothies dengan beberapa macam buah dan sayuran yang mengandung protein, jika anak tidak terlalu buah ini menjadi jalan keluar yang bisa Anda lakukan, karena smoothies bisa disajikan dalam keadaan dingin bahkan bisa dijadikan es krim sekukaan anak.

 

Untuk teh herbal juga bisa menjadi salah satu rekomendasi minuman yang bisa diberikan pada anak. Teh herbal ini banyak manfaatnya seperti dapat menenangkan saraf dan pencernaan anak. Penyajian teh herbal pun bisa dicampur dengan madu agar lebih manis, tapi ingat untuk anak yang masih di bawah 1 tahun hindari penggunaan madu ini ya Moms.

 

Jus menjadi pilihan minuman sehat

Jus menjadi minuman yang hanya boleh diberikan sesekali pada anak, karena jus mengandung gula tambahan pada anak. Untuk jus murni yang terbuat dari buah 100% pun hanya boleh diberikan pada anak dengan dosis 4 – 6 ons pre hari untuk anak berusia 1 – 6 tahun. Terlalu banyak mengonsumsi jus ini akan memberikan kalori yang tinggi pada anak dan seratnya pun tidak sebanyak yang bisa didapatkan dari buah segar karena serat-serat buah sudah hancur ketika dihaluskan menggunakan blender.

 

Anda juga perlu memerhatikan minuman yang tidak boleh diberikan pada anak, terutama anak yang masih berusia 1 – 6 tahun. Minuman-minuman yang tidak boleh diberikan ini diantaranya adalah soda, kopi, dan minuman berenergi. Kandungan yang ada dalam minuman tersebut tidaklah baik untuk dikonsumsi anak-anak, dan pada dasarnya soda adalah permen cair yang tidak akan memberikan nutrisi sama sekali pada anak.

 

Pada kopi, teh, dan kebanyakan minuman berenergi pun mengandung kafein yang tidak baik dikonsumsi karena merupakan stimulan dan adiktif. Jika anak memang menyukai minuman soda, Anda bisa berikan minuman itu dalam dosis yang sedikit. Tapi harus diingat Moms, bahwa pemberian minuman ini tidak boleh dilakukan secara rutin, berikan minuman soda ketika waktu tertentu saja, misal ketika sedang mengadakan perayaan atau ketika anak sedang berlibur bersama keluarga.

 

Biarkan anak merasakan minuman lain selain air putih dan susu untuk sesekali, agar lidah tidak merasa bosan. Tapi awasi juga jangan sampai berlebihan sehingga tidak mengganggu kesehatan anak.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *