Mengenal Kondisi Kehamilan 40 Minggu

Sulit untuk mengatakan dengan pasti seberapa besar bayi Anda, tetapi rata-rata bayi yang baru lahir memiliki berat sekitar 7 1/2 pound (sekitar ukuran labu kecil) dan panjangnya sekitar 20 inci. Tulang tengkoraknya belum menyatu, yang memungkinkan mereka untuk tumpang tindih sedikit jika pas dengan jalan lahir selama persalinan. Yang disebut “cetakan” ini adalah alasan piala kecil bayi Anda mungkin terlihat sedikit runcing setelah lahir. Yakinlah – itu normal dan sementara.

 

Kehidupan Di Kehamilan 40 Minggu

Setelah berbulan-bulan antisipasi, tanggal jatuh tempo Anda berputar, dan ini adalah situasi yang membuat frustrasi, tetapi umum. Pertumbuhan janin Anda mungkin tidak selambat yang Anda pikirkan, terutama jika Anda hanya mengandalkan tanggal jatuh tempo yang dihitung dari hari periode terakhir Anda, itu karena kadang-kadang wanita mengalami ovulasi lebih lambat dari yang diharapkan. Tetapi bahkan dengan perhitungan yang dapat diandalkan, beberapa wanita memiliki kehamilan yang panjang tanpa alasan yang jelas.

Anda masih memiliki beberapa minggu sebelum Anda akan dianggap “pasca-semester.” Tetapi untuk memastikan bayi Anda masih berkembang, dokter atau bidan Anda akan menjadwalkan Anda untuk tes jika kehamilan Anda berlanjut.

Anda mungkin memiliki profil biofisik (BPP), yang terdiri dari ultrasonografi untuk melihat gerakan keseluruhan bayi Anda, gerakan pernapasan (gerakan otot-otot dada dan diafragma), dan tonus otot (apakah ia membuka dan menutup tangannya atau memanjang dan kemudian melenturkan anggota tubuhnya), serta jumlah cairan ketuban yang mengelilinginya (penting karena ini mencerminkan seberapa baik plasenta menopang bayi Anda).

Pemantauan detak jantung janin (disebut tes non-stres atau NST) umumnya akan dilakukan dengan baik – dengan sendirinya atau sebagai bagian dari BPP. Atau, Anda mungkin memiliki apa yang dikenal sebagai BPP yang dimodifikasi, yang terdiri dari NST dan ultrasonografi untuk menilai jumlah cairan ketuban.

Jika tes janin tidak meyakinkan – tingkat cairan ketuban terlalu rendah, misalnya – Anda akan diinduksi. Jika ada masalah serius dan mendesak, Anda mungkin memiliki operasi cesar segera.

Dokter Anda juga akan memeriksa serviks Anda untuk melihat apakah itu “matang”. Posisinya, seberapa lunaknya, seberapa jauh (menipis) itu, dan seberapa melebar (terbuka) itu semua dapat mempengaruhi kapan dan bagaimana persalinan Anda diinduksi. Jika Anda tidak melahirkan sendiri, Anda akan diinduksi, biasanya sekitar 41 dan 42 minggu.

 

Apa artinya menginduksi persalinan?

Jika persalinan Anda tidak dimulai dengan sendirinya, dokter atau bidan Anda dapat menggunakan obat-obatan dan teknik-teknik tertentu untuk membantu menimbulkan atau “menginduksi” kontraksi. Dia akan melakukan ini ketika risiko memperpanjang kehamilan Anda lebih tinggi daripada risiko induksi. Sebagian besar penyedia layanan kesehatan akan menginduksi persalinan jika Anda masih hamil antara satu dan dua minggu setelah tanggal jatuh tempo. Ini karena plasenta mungkin menjadi kurang efektif dalam memberikan nutrisi pada sekitar 42 minggu, dan komplikasi serius lainnya menjadi lebih mungkin ketika Anda melewati tanggal jatuh tempo Anda.

 

Bagaimana persalinan diinduksi?

Ada berbagai metode, dan yang digunakan penyedia Anda akan tergantung pada situasi pribadi Anda – sebagian, pada kondisi serviks Anda (apakah matang atau tidak) dan urgensi dari induksi.

Biasanya, jika Anda perlu diinduksi tetapi leher rahim Anda belum melebar atau menipis, Anda akan dirawat di rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan Anda kemungkinan akan memulai induksi dengan memasukkan obat yang mengandung prostaglandin ke dalam vagina Anda. Obat ini membantu mematangkan serviks dan juga dapat merangsang kontraksi yang cukup untuk memulai persalinan Anda.

Jika prostaglandin tidak membuat Anda menjadi tenaga kerja, penyedia Anda kemudian akan memberikan obat yang disebut oksitosin (sering disebut dengan nama merek Pitocin). Ini diberikan melalui infus dan digunakan untuk memulai persalinan atau menambah kontraksi yang Anda alami sendiri. (Jika serviks Anda sudah matang, ia akan mulai dengan oksitosin secara langsung.)

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *