Membandingkan ASI dan Susu Formula untuk Bayi

 Mana yang lebih baik ASI ekslusif atau susu formula? Pertanyaan itu pasti selalu muncul di benak Moms. Semua orang didukung oleh pendapat dari para ahli pun setuju dengan pendapat bahwa ASI atau Air Susu Ibu ini adalah paling baik untuk bayi yang baru lahir, walaupun belum tentu semua ibu bisa menyesui bayinya secara langsung karena suatu masalah kesehatan atau keadaan. Biasanya ibu yang tidak menyusui bayinya akan memilih susu formula bayi untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi bayi. Berikut ini informasi lengkapnya mengenai ASI dan susu formula, selamat menyimak Moms!

 

Memberi ASI Ekslusif

Perlu Moms tau jika ASI ini banyak sekali manfaat bagi tubuh bayi karena kandungan yang ada di dalamnya. Di dalam ASI mengandung nutrisi dan protein yang baik bagi tubuh, ASI juga membantu sistem kekebalan dalam tubuh bayi karena ada lactoferin dan igA sebagai pelindung bayi dari infeksi kuman-kuman bakteri, virus maupun parasit. Memberikan ASI ekslusif juga mengurangi risiko kematian bayi karena penyakit diare atau radang paru-paru dan membantu proses penyembuhan pada bayi.

 

Bayi yang baru lahir mampu mencerna ASI dengan baik sehingga menghindarkan bayi dari penyakit sembelit dan perut kembung. Asi juga baik untuk pertumbuhan otak bagi, sebuah penelitian mendapatkan hasil bahwa bayi yang diberikan ASI ekslusif memiliki tingkat kognitif yang lebih baik. ASI juga menjaga kesehatan sampai ia beranjak karena membentuk imun bayi dengan baik sehingga ketika dewasa tidak akan mudah terserang penyakit, seperti obesitas, asma, diabetes tipe 1 dan 2, kolestrol tinggi, penyakit hodgkin, leukemia dan limfoma pada anak.

 

Susu Formula untuk bayi

susu formula juga bisa diberikan pada bayi yang baru lahir dengan resep dokter. Ada beberapa kondisi bayi diberikan susu formula begitu ia lahir. Manfaat dari memberikan susu formula diantaranya bisa diberikan pada bayi dari lahir sampai dewasa dan bisa diminum siapa saja. Susu formula juga fleksibel, bisa dibuat oleh siapapun dan dibuat kapanpun, terlebih jika Anda bekerja, susu formula bisa membantu Anda agar anak tetap mendapa asupan nutrisi dari susu. Susu formula ini bisa diberikan kepada bayi oleh siapapun, tidak harus selalu oleh ibu seperti ASI.

 

Asal Moms tau, jika susu formula ini dicerna lebih lama daripada ASI sehingga jadwal dalam memberikan susu lebih mudah. Bayi yang sudah diberi susu formula biasanya tidak perlu diberikan ASI lagi, karena bayi masih melakukan proses pencernaan susu pertama yang ia minum. Terakhir adalah Anda bebas untuk makan apapun, jika Anda memberikan bayi ASI esklusif maka Anda harus sangat memerhatikan apa yang Anda makan, berbeda dengan susu formula.

 

Kesimpulannya adalah menyusui dengan ASI ekslusif atau susu formula dua-duanya aman untuk bayi. Tapi ada beberapa kasus yang memang membuat ibu tidak memberikan ASI ekslusif pada anak, seperti kondisi fisik yang tidak mendukung sehingga produksi ASI sedikit, gaya hidup ibu yang mebuat enggan untuk menyusui, atau Anda sedang mengonsumsi obat tertentu sehingga tidak bisa menyusui langsung bayi.

 

Yang terpenting dalam hal ini adalah memberikan bayi asupan nutrisinya dengan cukup, bagaimanapun cara Anda entah itu memberikan ASI ekslusif atau menggunakan susu formula, bayi harus tetap mendapatkan nutrisinya yang berasal dari susu. Tentunya Moms lebih tau akan hal ini bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *