Jam Makan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Anda harus sudah memiliki jadwal makan bayi ketika usia 6 bulan, karena bayi berusia 6 bulan ini sudah mulai makan makanan pendamping ASI atau MPASI. Sebenarnya Anda sudah bisa untuk memberikan bayi makanan pendamping sebelum 6 bulan, tapi ini berisiko menurunkan nafsu untuk menyusui sehingga produksi ASI Anda berkurang.

 

Produksi ASI yang menurun ini akan membawa risiko bayi mengalami kekurangan protein, lemak, dan berbagai zat gizi lainnya. Bagi ibu termasuk Anda pastinya masih bingung saat pertama kali memberikan MPASI, mulai dari makanan apa saja yang bisa dijadikan makanan pendamping ini sampai jadwal memberikan makannya. Berikut ini informasi lengkapnya Moms,

 

Aturlah jam makan secara bertahap

Agar bayi tidak rewel saat makan, Anda harus pintar dalam mengatur jadwal makan sehingga menyenangkan. Jangan paksakan si bayi untuk memakan makanannya, ketika tidak ingin biarkan dan simpan dulu makanan tersebut, Anda bisa kembali memberikannya ketika si bayi merasa lapar dan ingin makan. Bayi akan merasa siap ketika mereka penasaran dan ingin mencoba hal baru, berikan makanan bayi secara bertahap agar bayi terus beradaptasi dan senang memakan makanannya.

 

Ketika bayi menolak makanan pun Anda tidak perlu khawatir. Terus berikan makanan pendamping secara bertahap agar mereka menyukainya, atau mengganti makanan pendamping dengan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang sama dengan makanan pendamping lainnya. Jika anak terus-terusan rewel dan tidak ingin makan bahkan sampai kehilangan nafsu makannya, segera bawa si kecil ke doker anak dan periksakan secara lanjut.

 

Memang sulit ketika pertama memberikan makanan pendamping pada bayi, karena rasa dan teksturnya yang baru sehingga bayi butuh adaptasi yang lama, tapi Moms harus menocbanya secara perlahan sampai bayi menerima dan menyukainnya. Jangan terlalu tepaku pada jadwal makan bayi, lakukan ketika bayi merasa lapar dan menginginkan makanannya.

 

Perhatikan kebutuhan dan kebiasaan bayi ketika akan memberikan makanan pertama

bayi yang berusia 6 bulan ini membutuhkan kurang lebih 950 ml ASI pe hari, dan durasi tidur bayi yang bisa mencapai 14 jam per hari, serta aktivitas bayi ketika bermain. Perhatikan hal itu ketika Anda akan memberikan makanan pada bayi, agar jam istirahat bayi tidak terganggu dan semua asupan yang diperlukan tubuhnya bisa terpenuhi dengan baik.

Ketika Anda akan memberikan makan sebanyak dua kali di pagi dan sore hari. Maka berikan porsi yang lebih banyak saat pagi dan porsi yang lebih sedikit ketika sore harinya. Sebenarnya untuk jadwal pemberian makanan pendamping ini tidak ada yang pasti, Anda boleh memberikan kapan saja makanan pendamping ini jika bayi merasa lapar.

 

Bayi makan sebanyak 6 kali

Ketika bayi memasuki usia 1 tahun, bayi sudah mampu memakan dan mencerna makanan padat sebanyak 6 kali dalam sehari. Mulai dari sarapan, camilan menjelang siang, makan sinag, camilan tengah hari, makan malam dan camilan sebelum tidur.

 

Begitu Moms mengetahui jadwal makan bayi, segera siapakan jam makan dan tidak perlu terburu-buru untuk memperkenalkan segala macam makanan padat pada bayi. Hal ini disebabkan bayi perlu adaptasi dengan berbagai macam makanan dan proses mencernanya, jangan paksakan bayi hingga menangis untuk memakan makanannya. Itu akan membuat bayi tidak nafsu makan dan menjadi takut ketika harus makan makanan padatnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *