Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

 

Pada stadium awal kanker serviks biasanya gejala sangat jarang terlihat, bahkan bisa dikatakan tidak menunjukan gejala sama sekali. Sehingga sel kanker yang sudah tumbuh tidak segera mendapatkan penanganan dan sel kanker menyebar pada anggota tubuh lain. Oleh karena itu anda sebaiknya rutin melakukan pap smear agar bisa mendeteksi kanker serviks lebih dini.

Kanker serviks terjadi pada sel-sel yang terdapat pada dinding Rahim yang tersambung pada bagian vagina, salah satu penyebab dari terjadinya kanker ini adalah infeksi dari human papilloma virus (HPV) yaitu virus yang dapat menular melalui hubungan seksual atau kontak langsung pada daerah genital.

Ciri-ciri kanker serviks stadium awal

Karena pada umumnya gejala kanker stadium awal ini tidak terlihat, dan biasanya kanker baru akan menunjukan gejala setelah memasuki stadium lanjut dan kanker sudah menjadi tumor. Namun meskipun begitu anda sebaiknya mewaspadai beberapa gejala dibawah ini yang mungkin terjadi sebagai gejala yang menunjukan bahwa anda memasuki stadium awal kanker serviks. Gejala-gejala tersebut diantaranya adalah:

Pendarahan pada vagina

Salah satu gejala kanker serviks yang paling umum terjadi sebagai tanda bahwa anda memasuki stadium awal kanker serviks adalah terjadinya pendarahan pada vagina yang abnormal, biasanya pendarahan ini terjadi pada saat sedang melakukan hubungan seksual atau pada periode menstruasi dan pada wanita yang sudah manepouse. Gejala seperti ini bisa jadi menunjukan adanya kanker serviks atau bahaya kesehatan lainnya.

Keputihan tidak normal

Selain terjadinya pendarahan dari vagina, hal lain yang bisa keluar dari vagina adalah keputihan, keputihan ini biasanya seperti bercampur air dan bercampur dengandarah, selain itu aroma dari keputihan ini juga akan berbau tajam. Dan warnanya biasanya jernih atau kecoklatan seperti bercampur darah.

Nyeri pada panggul

Nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah atau panggul biasanya akan dirasakan saat sedang melakukan hubungan seksual.

Namun diluar dari gejala-gejala diatas biasanya penderita yang terinfeksi HPV awal tidak akan menunjukan gejala apapun, namun virus HPV memiliki beberapa jenis. Dan beberapa jenis diantaranya bisa menunjukan beberapa gejala seperti adanya kutil pada alat kelamin.

Setelah beberapa gejala diatas muncul, biasanya stadium kanker anda yang semakin meningkat maka akan muncul lebih banyak gejala seperti nyeri pada panggul, sering merasakan ingin buang air kecil, nyeri saat sedang buang air kecil, tubuh lebih cepat lelah, nafsu makan yang berkurang, berat badan yang mengalami penurunan dan terjadi pembengkakan pada salahsatu tungkai.

Skrining serviks atau pap smear

Memang belum ada cara yang pasti untuk mencegah terjadinya kanker serviks secara sempurna, namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk megurangi resiko terkena penyakit kanker serviks. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan pap smear dan skreaning.

Pap smear merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendeteksi sel kanker lebih dini, sehingga jika diketahui lebih dini maka bisa dilakukan penanganan yang lebih cepat dan akan meningkatkan resiko kesembuhan anda. Pap smear  akan mendetesi gejala kanker lebih awal.

Pap smear disarankan untuk wanita yang sudah berusia 25-49 tahun dan sebaiknya rutin dilakukan selama 3 tahun sekali, sedangkan untuk wanita dengan usia 50-64 sebaiknya rutin dilakukan setiap satu tahun sekali. Dan untuk wanita yang berusia 65 tahun wajib melakukanpap smear jika saat usia 50 tahun belum pernah melakukannya sama sekali.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *