Cek Kesehatan Bayi dengan Mengenal Pup-nya

Bayi yang baru lahir sering membuat orang tua mengkhawatirkan kesehatannya karena bayi sangat rentan akan infeksi dan penyakit lainnya. Sehingga harus ekstra dalam perawatannya. Taukah Moms jika kesehatan bayi ini bisa Anda lihat dari fesesnya. Jadi untuk mengetahui kesehatan bayi Anda sebaiknya kenali juga pup atau feses bayi agar Anda bisa memantau kesehatannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya dan kenali pup/ feses bayi Anda mulai sekarang!

 

Warna pup bayi yang mengindikasikan kesehatannya

Salah satu cara mengenal kesehatan bayi adalah dari feses yang dikeluarkannya. Selain dari kondisi feses, Moms juga bisa mengeceknya melalui frekuensi bayi mengeluarkan feses. Hal ini bisa menandakan kesehatan usus sang bayi, dan Anda bisa mengetahui makanan apa saja yang bisa dikonsumsi atau tidak dari respon yang bayi keluarkan melalui feses. Berikut ini warna-warna dari feses atua pup bayi yang harus Anda ketahui agar bisa mengetahui kondisi kesehatan bayi.

 

  1. Hijau kecoklatan

Mekonium akan berubah menjadi hijau kecoklatan ketika bayi mulai dberi ASI. Jadi ketika Anda melihat bayi mengeluarkan feses berwarna hijau kecoklatan setelah bayi diberi ASI itu merupakan hal normal, karena mikonium hanya akan keluar setelah satu atau dua hari dari kelahiran bayi.

 

  1. Kuning

Setelah bayi mengeluarkan feses dengan hijau kecoklatan, bayi akan memiliki kotoran berwarna kuning, ini dipengaruhi oleh susu yang dikonsumsi oleh bayi. Jika bayi diberikan ASI ekslusif maka tinja atau feses bayi akan berwarna lebih cerah dan warnanya didominasi oleh warna kuning. Warna ini termasuk dalam warna normal feses si bayi dan memberitahukan bahwa bayi dalam keadaan sehat.

 

  1. Cokelat

Warna feses yang coklat ini mungkin terjadi karena pemberian susu formula pada bayi. Warna coklat ini berada pada warna coklat muda atau pucat dan masih tergolong normal untuk bayi. Jika feses berwarna hitam maka Anda perlu khawatir dan segera hubungi dokter. Untuk itu Anda perlu memerhatikan tektus buang air besar si bayi ketika mengganti popoknya.

 

Satu hal yang perlu Anda perhatikan juga mengenai warna feses dari bayi, jika feses bayi berwarna hitam setelah hari pertama kelahiran, berwarna merah atau berdarah, berwarna putih atau abu-abu, secara konsistein berair dan besar, keras atau sulit keluar maka hal ini menandakan bayi Anda dalam keadaan tidak sehat.

 

Pola BAB bayi baru lahir

Bayi yang baru lahir biasanya akan mengeluarkan pup yang berwarna hijau kehitaman atau disebut juga sebagai mekonium. Warna hijau kehitaman ini dihasilkan oleh kolostrum yang merupakan zat dari kelenjar air susu ibu pada awal kehamilan. Kandungan ASI ini akan dikeluarkan ibu setelah persalinan hingga H plus 7 kelahiran bayi. Jangan khawatir! Kolostrum justru sangat baik bagi bayi Anda, seperti yang diketahui bahwa pencernaan bayi yang baru lahir belum sempurna sehingga bayi memerlukan makanan dalam bentuk konsentrat dengan jumlah sedikit tapi banyak mengandung gizi. Bayi akan mengeluarkan mekonium ini satu atau dua hari ke depan setelah lahir dan mekonium tidak begeitu berbau.

 

Setelah bayi berumur dua sampai empat hari, pup bayi pun akan berubah menjadi hijau yang lebih ringan dan tidak begitu lengket seperti di awal sebagai pertanda bahwa keadaan usus sang bayi sehat dan tidak terjadi gangguan. Anda baru harus khawatir jika bayi tidak mengeluarkan mekonium selama 48 jam setelah kelahiran.

 

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *