Cara Jitu Agar Anak Mau Minum Air Putih

Tubuh membutuhkan cairan agar terhindar dari dehidrasi, dan cairan yang paling baik untuk tubuh adalah air putih. Semua orang, anak kecil sampai dewasa memerlukan air putih. Air putih juga banyak dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 8 – 10 gelas per harinya. Untuk balita dan anak kebutuhan air putih ini lebih penting dibandingkan dengan orang dewasa karena mereka lebih banyak beraktivitas dan lebih banyak membutuhkan cairan karena ukuran tubuh mereka.

 

Ginjal dari balita dan anak ini belum bisa berkembang dengan baik sehingga ginjal belum bisa menyesuaikan diri dengan jumlah air dalam tubuh, untuk itu mereka tidak dapat bisa menunggu sampai tubuh merasa dehidrasi dan mengakibatkan harus banyak mengonsumsi air dalam sehari. Telebih jika musim dengan panas-panasnya, anak akan cepat kehilangan cairan, misal anak umur 1 tahun yang memiliki berat 10 kg membutuhkan 4 gelas dalam sehari. Tapi banyak anak sulit untuk diajak minum air putih, mereka lebih suka minum minuman dengan rasa manis dan berwarna menarik, untuk itu Moms perlu menyiasati hal tersebut, berikut ini cara-cara agar anak mau minum air putih

 

  1. Simpan air putih di tempat yang mudah dijangkau anak

Selain memberi tahu manfaat air putih, sebaiknya Moms simpan air putih di tempat yang bisa dijangkau anak atau tempat yanng praktis dibawa anak seperti botol minum. Letakkan juga sebotol besar air putih di atas meja makan ketika semua anggota keluarga makan, sehingga anak akan mudah menjangkaunya ketika merasa haus dan perlu untuk minum ketika memakan camilannya.

 

  1. Beri penjelasan pentingnya manfaat air putih

Memberi tahu anak manfaat dari air putih adalah hal baik untuk dilakukan agar anak mengerti alasan mereka harus rajin minum air putih setiap harinya. Anak yang sedang penasaran akan hal sekitarnya dan banyak hal lain akan penasaran kenapa ia harus mengonsumsi air putih yang rasanya hambar, jelaskan secara perlahan atau ajak mereka untuk mencari tahu manfaatnya bersama.

 

  1. Jangan beri anak banyak pilihan jenis minuman

Jangan penuhi kulkas Anda dengan berbagai macam minuman kemasan atau kaleng yang memiliki warna serta rasa lebih menarik dari air putih. Sehingga pilihan anak untuk memium minuman selain air putih menjadi lebih tipis.

 

  1. Biasakan minum air putih dulu sebelum memberinya camilan

Kalau Anda tidak mempermasalahkan anak untuk mencoba camillan seperti minuman kaleng, maka biasakan mereka untuk meminum air putih terlebih dahulu.

  1. Lakukan secara bertahap

jika anak berlum terbiasa minum air putih, jangan Anda paksa sekaligus untuk meminumnya. Coba secara perlahan dengan membuat minuman manis sesekali untuk anak disamping minuman air putih, tawarkan juga minuman dari sari buah yang rasanya lebih segar dan sehat. Ketika jam makan maka Anda bisa membiasakan anak untuk minum air putih.

 

  1. Jadikan minum air putih sebagai kegiatan yang menyenangkan

Gunakan gelas yang menarik misalnya kartun kesukaan mereka atau bentuk favort mereka, Anda juga bisa menggunakan sedotan lucu sebagai pemanis dan es batu berbentuk lucu dengan sedikit potonga buah dalam air putih.

 

  1. Jadikan rasa air putih lebih enak

Moms bisa membuat infus water dari air putih dan irisan buah. Dinginkan juga dalam lemari es agar rasanya lebih segar. Minuman air putih pun akan terasa lebih enak di lidah ketika anak meminumnya, bisa juga dijadikan pendamping bekal anak ke sekolah.

 

 

 

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *