Apa Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan?

 

Moms pasti khawatir jika melihat anak mulai tidak nafsu makan, takut jika anak akan gampang jatuh sakit dan menjadi kurus. Nafsu makan pada anak ini bisa berlangsung sebentar atau dalam jangka waktu yang lama. Tapi apakah ada hubungannya antara nafsu makan dan usia anak? Mungkin memang benar adanya, karena pertumbuhan anak tidak selalu terjadi dengan cepat setiap tahunnya.

Seperti saat anak memasuki usia prasekolah, pertumbuhannya akan lambat tidak secepat sebelumnya sehingga kebutuhan nutrisi pun menyesuaikan. Tidak heran jika nafsu makan anak prasekolah akan menurun. Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak kurang nafsu makan, diantaranya:

 

  1. Keinginan anak mengenal lingkungan lebih dalam

Penyebab nafsu makan anak turun pun dipengaruhi oleh keinginan anak yang lebih besar untuk mengenal sekitarnya sehingga anak lebih suka bermain dan tidak menghiraukan jam makan yang sudah datang sehingga anak menjadi tidak nafsu makan. Moms bisa bergabung dengan anak dalam mengkesplor lingkungan dengan melibatkan makanan, seperti memasak bersama atau melakukan kegiatan piknik dan membawa bekal makanan yang menarik sekaligus enak. Anak bisa mengeksplore sekitar dengan senang dan nafsu makan anak pun akan terjaga.

 

  1. Kenyang dengan camilan

Anak akan lebih senang mengonsumsi camilan daripada makanan pokok, ini sebabnya ketika jam makan datang anak akan malas untuk makan, sehingga nafsu makan menurun. Sajian camilan yang lebih meragam dan menarik pun membuat anak banyak mengonsumsinya, terlebih jika anak Anda hobi jajan di sekolah. Untuk itu batasi konsumsi camilan anak Anda agar nafsu makan tetap terjaga dan kesehatan anak juga tidak terganggu.

 

  1. Bosan dengan menu makanan yang biasa

Menu hari ini dan hari berikutnya sama-sama saja, ini bisa menyebabkan anak kehilangan selera makan. Untuk itu disarankan agar selalu mengganti menu makanan setiap harinya dengan menu-menu menarik dan cita rasa yang beragam agar anak tidak gampang bosan.

 

Tindakan yang perlu dilakukan jika anak tidak nafsu makan

Anda hanya perlu menemukan makanan apa yang disukai anak dan yang bisa memberikan nafsu makan anak kembali lagi pada waktunya. Biarkan juga anak untuk memilih makanan yang diinginkan, tugas Anda hanya menawarkan makanan yang mungkin akan dimakan oleh anak. Anda juga bisa mengurasi porsi makan anak yang dari porsi sebelumnya, misal menjadi porsi kecil yang bisa dimakan 4-6 kali per hari.

 

Moms juga bisa membuat varian makanan yang kreatif agar anak tertarik dan memiliki nafsu makan kembali, ajak juga anak untuk ikut menyiapkan makanannya. Pilih juga makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Siapkan beberapa makanan dan tawarkan satu per satu, Anda perlu menawarkannya beberapa kali sampai anak familiar dengan rasa dan mulai menyukainya.

Jangan paksa anak untuk menghabiskan makanannya, karena anak akan cenderung mengembangkan masalah terkait makanan. Bentuk suasana yang nyaman di meja makan sehingga anak nyaman untuk makan dan mendapatkan nafsu makan yang baik. Sediakan juga cemilan sehat sebagai pelengkap jika anak sedang tidak nafsu makan makanan utama. Cemilan ini bisa berupa buah-buahan kesukaannya atau snack sehat, susu juga bisa menjadi pelengkap agar tubuh anak tetap sehat.

 

Selain membentuk suasana nyaman di meja makan, Anda juga harus menjauhkan anak-anak dari gangguan yang bisa merusak atau mengganggu konsentrasi makan anak, seperti makan sambil menonton televisi atau meletakkan mainan di meja makan. Ajari anak untuk makan di meja makan tanpa gangguan-gangguan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *