5 Manfaat Buah dan Sayur untuk Anak

Pola makan sehat selalu akan memasukkan buah dan sayuran dalam daftar menunya. Ini karena buah dan sayur memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, termasuk untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Moms bisa mendapatkan nutrisi yang baik untuk anak dari buah dan sayuran. Buah dan sayur juga bisa menjaga kita agar tetap sehat dan tidak gampang sakit. Berikut ini beberapa manfaat dari makan buah dan sayuran bagi tubuh kita dan anak.

 

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah dan sayur bisa menjadi solusi Anda ketika anak terserang sembelit. Ini karena buah dan sayur banyak mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar pencernaan dan buang air besar.

 

  1. Mendukung pembentukan sel baru dan pembangunan jaringan tubuh

Sayur menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk membantuk sel baru dan berfungsi sebagai pembangun jaringan seperti pro-vitamin A yang akan diubah menjadi A sehingga akan membentuk sel baru.

 

  1. Mengurangi risiko obesitas

Jika junk food dan makanan yang digoreng dan memiliki banyak lemak bisa membuat kita terserang obesitas ketika dimakan secara berlebihan. Sayur dan buah ini bisa mencegah obesitas terjadi pada tubuh karena memiliki serat tinggi dan mengenyangkan tapi rendah lemak dan kalori. Tak salah jika buah dan sayur ini sering menjadi menu diet orang dewasa. Begitu pun dengan anak-anak, buah dan sayur ini akan mencegah anak memiliki risiko obesitas ketika dewasa dan dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, darah tinggi, masalah pernapasan, depresi dan berbagai macam penyakit lainnya.

 

  1. Peningkatan gizi

Buah dan sayur bisa memenuhi gizi kita setiap harinya, ini karena buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral. Contohnya saja stoberi yang kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, ada juga bayam yang menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia. Kita juga bisa mendapatkan vitamin A yang baik untuk mata dari wortel yang berwarna oranye, belum lagi apel yang mengandung 16 macam polifenol dan bekerja sebagai antioksidan. Begitu banyak manfaat buah dan sayur untuk tubuh, dan yang terpenting bisa menjaga kesehatan anak setiap harinya.

 

  1. Bisa menigkatkan kognitif anak

Pola makan yang sehat akan membantu anak untuk berprestasi. Anak yang menerima asupan buah dan sayur yang cukup setiap harinya pun akan cenderung lebih konsentrasi dalam menerima pelajaran di sekolah dan menjadikan anak berprestasi. Hal ini karena asupan gizi yang bisa didapatkan dari buah dan sayur telah terpenuhi dan anak menjadi lebih sehat.

 

Terkadang anak sulit untuk memakan buah dan sayur karena rasanya yang kurang enak jika dibandingkan dengan makanan lain. Tapi Moms bisa menyiasatinya dengna berbagai macam agar anak bisa mengonsumsi buah dan sayuran ini dengan senang hati, dan membuat rasa dari sayuran dan buah menjadi lebih enak. Ada beberapa cara yang bisa Moms coba seperti memasukkan potongan buah ke dalam sereal anak atau yogurt, bisa juga membuat smoothie dari buah yang dibekukan. Tak hanya itu saja, Moms juga bisa mencoba membuat kebab sayuran untuk makan malam anak atau memasukkan sayuran pada pizza untuk bekal siang anak di sekolah. Pastikan Anda juga membiasakan diri untuk memakan buah dan sayur sebagai contoh yang bauk untuk anak.

 

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *