4 gejala kanker payudara pada pria

 

Kanker payudara tidak hanya mempengaruhi wanita tetapi juga pria, meskipun kasus jenis ini tidak umum terjadi. Menurut laporan di situs web Breastcancer.org, risiko kanker payudara pada pria adalah 1 / 1.000 dalam seumur hidup.

Menurut Dr. Kristen Fernandez, direktur medis Pusat Payudara di MedStar Franklin Square Medical Center di Maryland, ketika kita berbicara tentang kanker payudara, kita jarang menyebut kasus yang melibatkan laki-laki. jenis kelamin. Jadi, kita biasanya berasumsi bahwa kanker payudara hanyalah penyakit untuk wanita. “Pria berpikir mereka tidak memiliki jaringan payudara, tetapi mereka melakukannya,” katanya kepada MensHealth.com.

Pria memiliki jaringan payudara lebih sedikit daripada wanita, sehingga risiko terkena kanker payudara relatif jarang. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda secara alami menempatkan diri Anda di tempat yang aman. Fernandez mencatat bahwa banyak pria telah mengabaikan gejala kanker payudara.

Pria tidak perlu melakukan tes payudara secara teratur, tetapi Fernandez merekomendasikan agar anak laki-laki kadang-kadang harus memeriksa rasa sakit atau benjolan di jaringan payudara mereka. Dan jika Anda merasa sakit, jangan mengabaikannya, temui dokter Anda segera.

4 gejala kanker payudara pada pria

Berikut adalah empat gejala kanker payudara pada pria harus dipantau.

  1. Terdapat Benjolan

Anak laki-laki sering mengabaikan gumpalan di dada mereka, karena mereka sering berpikir bahwa mereka mungkin baru saja dipukul selama bekerja. Tapi benjolan di otot dada Anda bisa menjadi pertanda kanker payudara.

Biasanya benjolan ini tidak menyakitkan, tetapi sering sensitif, terutama ketika disentuh. Jika kanker telah menyebar, pembengkakan dapat ditemukan di bawah ketiak, di kelenjar getah bening atau di sekitar tulang leher.

  1. Puting susu terbalik

Ketika kanker payudara tumbuh, ia mulai menarik ligamen di dalam payudara, menyebabkan putingnya menjadi terbalik. Terkadang, puting akan disertai kulit kering yang bersisik.

  1. Cairan keluar dari puting

Anda bisa melihat noda di baju. Tetapi jika noda muncul di sisi dada yang sama, mungkin dari puting. Ini terjadi karena cairan dari tumor terakumulasi dan bocor keluar dari puting. Cairan berwarna putih, sedikit kekuningan atau kebiruan, tetapi mungkin merah seperti darah.

  1. bisul

Dalam kasus yang buruk, kanker dapat berkembang dengan ulkus pada puting karena tumor tampaknya berkembang melalui kulit. Karena laki-laki memiliki jaringan payudara yang sangat sedikit, tumor dapat dengan mudah didorong melalui kulit. Ulkus terlihat seperti bisul.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *