3 Cara Menyiasati Agar Buah dan Sayur Masuk dalam Menu Makan Anak

Seperti yang Moms ketahui bahwa sayur dan buah membawa manfaat yang banyak pada anak, buah dan sayur ini menyediakan kebutuhan vitamin dan mineral anak seperti Vitamin C dan asam folat. Buah dan sayur  pun bisa mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung karena memiliki zat nabati yang berfungsi untuk menangkal penyakit tersebut.

 

Buah dan sayuran juga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya, untuk memenuhi kewajiban itu semua orang disarankan memakan dua buah dan lima sayuran. Tapi apa jadinya jika anak Anda tidak menyukai buah dan sayuran? Anak akan lebih memilih memakan makanan lain yang lebih enak dibandingkan buah dan sayur meski kandungan nutrisinya lebih rendah dari makanan sehat itu. Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar anak mau makan sayur dan buah.

 

Anjurkan agar anak mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak

Setelah anak mulai terbiasa dalam mengonsumsi buah dan sayur, mulai anjurkan anak untuk menambah porsi makan buah dan sayur. Tawarkan juga anak dengan hidangan yang bervariasi dari buah dan sayur sehingga anak tidak mudah bosan. Anda juga bisa mengajarkan anak dalam mencerna dan menyiapkan makanan, Anda juga harus sering mengonsumsi buah dan sayur sebagai contoh pada anak, jangan lupa untuk sajikan sayur dengan tampilan yang menarik untuk meningkatkan nafsu makan anak.

 

Beri contoh pada anak untuk makan sayur dan buah

Jika anak rewel atau tidak suka memakan sayur dan buah jangan dulu khawatir. Anda bisa mencoba secara perlahan agar anak menyukai makan sayur dan buah. Anda bisa juga memberikan contoh untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya, bekerja samalah dengan anggota keluarga yang lain untuk konsisten dalam mengonsumsi buah dan sayur, sehingga anak akan terbiasa dengan rutinitas tersebut dan perlahan-lahan mulai penasaran akan rasa buah dan sayur yang dikonsumsi setiap hari. Memang memerlukan waktu yang lama tapi tidak salahnya dicoba secara perlahan sampai anak sendiri yang menginginkan untuk memakan buah dan sayur.

 

Rencanakan dan siapkan buah dan sayur untuk menu makanan bersama anak

Untuk lebih menarik perhatian anak pada buah dan sayuran Anda harus melibatkan anak untuk merencanakan menu makanan yang terbuat dari sayur maupun buah. Hal ini agar anak merasa senang dan tertarik untuk memakannya sesuai dengan seleranya. Anda juga bisa pergi berbelanja bersama anak ke pasar atau supermarket untuk membeli stok sayuran dan buah-buahan di rumah, anak bisa memilih sayuran buah kesukaannya. Hal ini akan membuat anak senang dan dengan mudah untuk memakan buah dan sayuran yang tadi pilih karena ia sudah mengetahui bagaimana rasanya. Pergi berbelanja bersama juga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama.

 

Biarkan juga mereka menyiapkan sayuran dan buah dimulai dari mencucinya, gunakan kesempatan ini juga sebagai bahan belajar anak untuk mengekplorasi warna dan bentuk baru. Jika anak ingin membuat sendiri makanannya, biarkan saja, ini akan membantu mengasah keterampilan mereka. Dimulai dari membuat salad sayuran yang mudah kemudian bisa berlanjut pada menu lain dengan bantuan anda. Jika Anda memiliki hobi bercocok tanam pun hal ini bisa menjadi ajang untuk membuat anak menyukai buah dan sayur, caranya dengan membuat Anak membantu menanam sayuran di kebun atau pot dan menyiramnya setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *